Logo UIN Maliki

Archives

Info Uin Malang

Akan Bangun Kampus II di Batu Malang

kampus uin malang
Akan Bangun Kampus II di Batu Malang, Dikutip dari berita aslinya republika berjudul "UIN Malang Bangun Kampus Baru". Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, mulai akan membangun kampus baru di Kecamatan Junrejo Kota Batu di atas lahan seluas 67 hektare senilai sekitar Rp3,4 triliun.

Sudiono Selaku Kepala Biro Akademik UIN Maliki Malang, Selasa (8/9), mengatakan, proses pembangunan Kampus II UIN Maliki itu masih dalam tahap penggarapan design dan tapak ruang.

"Kami berharap pengarapan design ini cepat tuntas agar pembangunan segera dilakukan dan sambil menunggu penyelesaian design, kami memulai mengerjakan pembangunan Masjid Raya UIN Maliki lebuh dulu," katanya.

Menurut Sudiono, pembangunan kampus di Batu tersebut dipakai untuk fakultas kedokteran dan politeknik (poltek). Untuk melengkapi fakultas kedokteran, pihaknya juga membangun rumah sakit (RS) pendidikan di kawasan Kelurahan Pendem sebagai RS pendidikan yang berfungsi sebagai tempat praktik mahasiswa kedokteran.

Menyinggung anggaran pembangunan kampus II yang cukup besar tersebut, Sudiono, mengaku, sudah ada tawaran dari beberapa donatur di antaranya dari Timur Tengah dan Jepang, namun sampai saat ini belum diputuskan mana yang akan direspon positif (diterima).

Ia mengakui, karena belum ada yang diterima itu, maka bentuk kerja sama selanjutnya termasuk hak dan kewajiban antara kedua belah pihak juga belum ditentukan secara detail.
Sekarang ini, lanjutnya, pihaknya masih konsentrasi menyelesaikan pembangunan Masjid Raya

UIN Maliki (Maulana Malik Ibrahim) yang membutuhkan dana sekitar Rp1 triliun, berasal dari bantuan Gubernur Madinah. "Semua arsitekturnya lebih banyak mengacu pada arsitek Maroko, Madinah dan Mekkah," katanya.

Sebenarnya, katanya, banyak tawaran bantuan anggaran untuk berbagai pembangunan dari beberapa negara di Timur Tengah termasuk untuk beasiswa, namun UIN masih melakukan pengkajian lebih dalam terutama skema bantuan yang bakal dikucurkan tersebut sehingga bisa benar-benar bermanfaat bagi seluruh komponen.

"Kami targetkan pengerjaan pembangunan gedung perkuliahannya di Kampus II selama dua tahun tuntas," tegasnya. ant/taq

*) gambar dikutip dari Froup Facebook UIN Maulana Malik Ibrahim

1 komentar:

bibit durian montong mengatakan...

info yang bermanfaat. terima kasih

Posting Komentar